Review Training Blog For Beginner


  




Awal saya tertarik membuat blog karena ketika saya membaca sebuah artikel di blog-blog yang saya temukan, tampilan blog mereka kece-kece dan sangat menarik. Saya pun berandai-andai kapan saya bisa punya blog sendiri. Akhirnya bulan Juni 2011 saya berhasil membuat blog dengan otodidak. Tampilan blog saya pada saat itu masih sangat polos. Jujur karena saya tidak tahu trik-trik untuk membuat blog yang cantik. Karena belum ketemu caranya, blog saya pun tidak terurus dan saya anggurin.

  Alhamdulillah, Agustus 2019 ini saya bergabung dengan kelas training blog for beginner yang diadaian oleh Joeragan Artikel dan di pandu oleh mba Rahayu Asda sebagai mentornya yang sangat sabar mendampingi pesertanya.

 Sebelum memasuki materi awal, peserta dibekali dengan pendahuluan tentang blog dan manfaat dari blog itu sendiri. Materi diberikan di grup tertutup facebook dalam bentuk slide. Penjelasan materi sangat detail dan terperinci sehingga memudahkan peserta untuk menyimak dan memahami. Penyampaiannya juga komunikatif karena peserta boleh mengajukan pertanyaan, berdiskusi dan menjawab pertanyaan di kolom komentar.

  Setelah materi disampaikan dalam grup facebook, kemudian berlanjut dengan pelatihan membuat blog melalui grup whatsapp. Peserta diarahkan ke link tautan milik mba Rahayu Asda tentang tutorial membuat blog bagi pemula. Tutorial yang dibuat oleh mba Rahayu Asda sangat runtut dan jelas sehingga peserta berhasil membuat blog sesuai tutorial yang diberikan.

  Untuk mengisiblog yang sudah dibuat oleh masing-masing peserta, maba Rahayu Asda juga memberikan rangkaian tugas yang harus dikerjakan dan disetorkan. Tugas pertama adalah menulis artikel tentang “Mengapa Menulis Di Blog” sebenarnya artikel ini bertujuan untuk menguatkan alasan kita menagap tertarik untuk menulis diblog yang nantinya bisa meotivasi diri sendiri saat mulai malas untuk menulis.

   Tugas yang kedua adalah menulis artikel tentang “Abaout Me” atau “Tentang Saya”. Tugas ini juga dimaksudkan agar para pembaca blog mengenal diri kita sebagai penulis di blog kita ini. Tugas yang ketiga adalah menulis artikel tentang “Kota Impian”. Mungkin dengan menulis artikel ini kita bisa mewujudkan untuk bisa pergi ke kota impian kita dari hasil dari nge blog. He he..

   Setelah Blog kita terisi, mba Rahayu Asda menambah lagi materi baru yaitu Mempercantik Tampilan Blog. Seperti biasa peserta diarahkan untuk link tautan yang diberikan oleh mba Rahayu Asda. Yang pertama yaitu membuat template. Template adalah tampilan secara keseluruhan dari sebuah blog. Setelah template blog diperbarui, kemudian dilanjutkan dengan memasang “about me’ di sidebar. Fungsi dari about me itu sendiri agar pembaca blog tahu profil kita. Langkah selanjutnya adalah memasang widget sosial media dan menu navigasi yang dibutuhkan di blog kita.

  Rumit memang, tapi kalau dikerjakan dengan sabar, teliti dan sungguh-sungguh pasti juga berhasil dan jadilah blog yang sesuai dengan yang diajarkan mba Rahayu Asda. Beruntungnya saya dimentorin mba Rahayu Asda karena orangnya sabar dan baik. Mba Rahayu Asda ngijinin juga kok wapri kalau menemui kendala dan kesulitan. Dari saya yang gaptek banget akhirnya sedikit demi sedikit jadi nambah ilmunya dan punya blog yang cantik. Meski belum keren seperti punyanya mbaRahayu Asda. Makasih ya, mba Rahayu Asda untuk ilmunya?

  Lagi asyik-asyiknya belajar, tau-tau udah hari terakhir pendampingan. Yah, sedih deh karena bentar lagi harus meninggalkan kelasnya mba Rahayu Asda. Untuk sesi terakhir ini semua peserta diminta membuat review tentang training blog for beginner dan testimoninya. Jika peserta sudah menyelesaiakan semua tugas-tugas yang diberikan maka berhak masuk di grup Pasukan Blogger Joeragan Artikel.

  Pastinya harapan dari mentor sendiri setelah kelas ini berakhir, peserta harus merawat dan mengelola sendiri blognya agar semakin bagus, keren dan bisa menghasilkan rupiah dari nge blog.
 
Share:

Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes