TRAINING MENULIS ARTIKEL REVIEW YANG OK




Hai, Guys! Adakalanya kita ingin berbagi kepada khalayak tentang suatu produk atau barang yang menurut kita ok punya dan memiliki banyak kelebihan ataupun manfaat buat kita. Namun, seringkali kita dihadapkan pada kendala bagaimana cara agar penyampaian kita menarik dan mengena di hati khalayak yang kita tuju. Seperti juga yang tengah aku alami. Di saat lagi senang-senangnya menulis dan ingin berbagi tentang suatu produk lewat tulisan, aku sedikit bingung bagaimana bentuk, teknik dan gaya penulisan sebuah artikel review yang menarik. Untungnya pas aku lihat di salah satu postingan grup fb ada training blog review untuk pemula. Pastinya aku tidak menyia-nyiakan kesempatan ini dong? Aku segera daftar dan berharap aku akan dapat ilmunya.

Ternyata kelas review blog di bawah bimbingan mba Rahayu Asda, seorang content writter sekaligus blogging mentor yang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya. Mba Rahayu Asda ini seorang mentor yang super duper sabar dalam membimbing peserta training di kelasnya. Sebelum kelas review blog ini aku sudah pernah ikut di kelas pemula membuat blog yang dimentorin oleh mba Rahayu Asda, jadi saya sudah paham betul bagaimana mba Rahayu Asda dengan kesabarannya dan ketelatenannya membimbing satu persatu peserta didiknya. 

Kelas review blog ini di mulai tanggal 24 Oktober kemarin, berlangsung selama 5 hari pembimbingan. Materi yang di sampaikan tentunya berkaitan dengan teknik menulis artikel review agar menarik dan mengena sasaran. Materi disampaikan melalui grup facebook dan whatsap secara runtut.

Pertama disampaikan materi tentang pemilihan produk atau jasa yang akan kita review. Kita diharuskan menuliskan masing-masing kelebihan dan kekurangan dari produk atau jasa tersebut. Hal itu sangat penting karena sebelum mereview suatu produk atau jasa kita harus benar-benar tahu produk atau jasa tersebut.

Setelah memilih produk atau jasa dengan mengetahui kelebihan dan kekurangannya kita di beri materi tentang teknik SEO (Search Engine Optimozation) yaitu teknik bagaimana agar artikel kita bisa berada di peringkat pertama mesin pencarian google. Langkah-langkahnya adalah kita harus memperhatikan dalam penulisan seperti penggunaan nama atau diskripsi blog, kata kunci yang tepat, indexting dan juga kecepatan loading website itu sendiri.

Setelah materi pertama di sampaikan, peserta diberi tugas untuk menuliskan produk atau jasa yang akan di review dan membuat artikel review dari produk atau jasa tersebut.

Materi selanjutnya adalah cara membuat dan memasang banner iklan di sidebar, membuat halaman privacy policy dan bagaimana cara agar mendapatkan job review. Setelah materi disampaikan peserta juga mendapatkan tugas untuk membuat dan memasang banner iklan di blognya masing-masing.

Memang kelihatannya simple namun prakteknya ternyata tidaklah sesimple itu. Bahkan aku berkali-kali gagal dalam membuat banner iklan. Tak ayal tiap saat aku selalu bertanya kepada mentor yang luar biasa sabarnya. Hingga beliau benar-benar membimbing perlahan-lahan secara detail dan rinci sampai aku berhasil memasang banner iklan di blog aku. Itulah ilmu, kelihatan sepele, tapi ketika dipraktekkan belum tentu sesepele itu. Kalau tidak telaten dan tidak ada niat untuk bisa selamanya tidak akan pernah mau belajar untuk bisa.

Bagi para blogger pemula, juga bagi kamu yang pingin punya blog, ayooo, ikutan kelas blognya mba Rahayu Asda, dijamin kamu akan mendapatkan ilmu yang benar-benar berharga.


Share:

Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes