Ini Dia Manfaat Sarapan Pagi Buat Anak Yang Bunda Harus Tahu

     





Kelihatannya sangat sepele sekedar makan atau isi perut di pagi hari. Kenyataannya ternyata tidak sesimple itu, lo, Bun? Sarapan pagi ternyata memiliki manfaat dan pengaruh yang sangat penting bagi tumbuh kembang anak baik itu pertumbuhan badannya atau perkembangan kecerdasannya. Yuk, Bun, kita intip apa si pentingnya sarapan pagi bagi anak?

Membantu Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Bagi Anak




Anak-anak yang teratur sarapan pagi akan lebih mudah terpenuhi kebutuhan nutrisinya secara menyeluruh. Karena pada fase pertumbuhan ini anak sangat membutuhkan asupan gizi yang baik mulai dari asupan serat, kalsium, protein, lemak, hidrat arang, dan vitamin seperti vitamin A, B, C dan vitamin lainnya.

Ketika kebutuhan nutrisi anak terpenuhi maka anak juga tidak akan mengalami kekurangan gizi. Dan artinya anak akan memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik dan tidak mudah terserang penyakit.


Membantu Menjaga Berat Badan




Kok bisa sarapan pagi bisa membantu menjaga berat badan? Bukannya malah menambah gemuk? Tidak, Bunda, ternyata jika tubuh dibiasakan untuk sarapan pagi, maka pada siang harinya perut tidak akan terasa lapar. Sehingga tiba waktunya makan siang tidak akan tergoda untuk mengkonsumsi makan makanan dalam jumlah yang berlebih. Sebalikna jika anak-anak tidak dibiasakan sarapan pagi, maka pada siang harinya mereka pasti akan sangat lapar dan akhirnya makanan yang dikonsumsinya menjadi sangat banyak. Apalagi jika anak berada di sekolah dan tidak dibawakan bekal, hal itu akan membuat anak kalap dan jajan sembarangan demi menenangkan perutnya yang kelaparan.

Membantu Anak Dalam Melatih Konsentrasi Yang Tinggi




Ketika perut sudah diisi dengan makanan pada pagi hari, maka akan tumbuh semangat untuk melakukan aktivitas selanjutnya. Asupan gizi yang di dapat dari sarapan pagi akan sangat berguna bagi otak dalam membantu kemampuan otak berfikir dengan daya konsentrasi yang selalu terjaga. Sehingga pada saat menerima pelajaran di sekolah anak akan mampu menangkap dengan cepat dan konsentrasinya tetap terjaga dengan baik selama kegiatan pembelajaran berlangsung.


Membantu Menjaga Keseimbangan Metabolisme Dalam Tubuh Anak




Saat anak tidur beristirahat semalaman tentunya tubuh tidak mengkonsumsi makanan apapun hingga pagi hari. Oleh karena itu kadar gula dalam tubuh mengalami penurunan secara drastis. Menurunnya kadar gula dalam tubuh akan menyebabkan terjadinya pengambilan secara paksa cadangan gula dari lapisan otot atau liver yang disebut glycogen. Jika hal ini dibiarkan maka akan menjadikan tidak seimbangnya metabolisme dalam tubuh dan mengakibatkan tubuh mudah terkena penyakit maag dan juga sering terjadi keluhan pada lambung. Dengan membiasakan sarapan pagi hal itu tentu saja tidak akan terjadi. Karena karbohidrat yang di dapat dari sarapan pagi akan menjadi sumber energi bagi tubuh untuk kembali beraktivitas setelah tidur semalaman.


Membantu Menjaga Mood 




Anak yang lapar akan mudah sekali terpancing emosinya untuk marah, jengkel, uring-uringan dan malas. Karena perut pada saat itu dalam keadaan kosong dan menyebabkan otak tidak lagi dapat berfikir jernih. Dengan membiasakan sarapan pagi, setidaknya akan membuat anak lebih fresh lagi dan lebih ceria.

Nah, bun? ternyata memang penting, ya, sarapan pagi buat anak. Jadi mulai sekarang jangan biarkan lagi sarapan pagi terlewat dengan alasan anak buru-buru berangkat sekolah karena takut terlambat atau anak bangunnya kesiangan jadi tidak sempat sarapan. Kondisikan sarapan pagi untuk selalu tersedia di meja makan, ya, bun? 

Eits, tunggu dulu, menu sarapan pagi juga harus diperhatikan, lo, bun? Anak-anak yang lagi mengalami fase pertumbuhan dan perkembangan kecerdasan harus di berikan nutrisi yang tepat. Jadi menu sarapan pagi bagi anak harus mengandung gizi makro dan gizi mikro yang lengkap. Idealnya sarapan pagi bagi anak harus tercukupi 4 komponen yang diperlukan tubuh seperti karbohidrat, protein nabat, protein hewani dan lemak. Yuk, bun, mulai membiasakan anak sarapan pagi dengan menu yang sehat?




  
Share:

1 komentar :

  1. setuju banget bunda.....biar generasi muda kita menjadi generasi yang sehat dan pintar...

    BalasHapus

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes