Yuk, Mengenal Macam-macam Tanaman Obat dan Khasiatnya

 




Bagi kamu yang suka bercocok tanam, bisa jadi salah satu atau beberapa dari tanaman kamu merupakan tanaman obat yang memiliki khasiat istimewa loh? Terkadang kita tidak paham betul tentang jenis tanaman yang kita tanam, asal tanaman itu indah, cantik dan kita suka kita langsung menanamnya tanpa tahu ada manfaat dan khasiat yang luar biasa dari tanaman tersebut. Nah,Guys, disini kita akan mulai mengenal jenis-jenis tanaman obat yang sering dijumpai. Apa saja tanaman tersebut? Baca, yuk?

Pule Pandak


Dalam bahasa latin disebut Rauplfia Serpentine. Tanaman ini dari akar hingga daun memiliki khasiat yang luar biasa. Meskipun akar dari tanaman ini pahit, dan sedikit beracun namun memiliki banyak khasiat seperti melancarkan aliran darah, menurunkan darah tinggi, penghilang nyeri, meredakan demam, menurunkan panas dalam, dan obat antiradang. Akar ini juga dapat digunakan untuk menenangkan diri dan merangsang terjadinya kantuk.
Batang dan Daun dari tanaman ini juga pahit namun ada manisnya juga. Batang dan daun ini berkhasiat untuk menolak masuk angin dan hipotensif.

Daun Miana Merah



Tanaman yang disebut juga dengan nama daun iler ini cukup populer di Indonesia. Daunnya yang berwarna merah keunguan dengan tepi daunnya yang berwarna hijau sangat menarik untuk dipandang. Tidak hanya indah tanaman ini juga memiliki banyak khasiat. Bagi penderita wasir atau ambeien, tanaman ini dapat dijadikan sebagai obatnya yaitu dengan cara meminum air rebusan dari daun miana merah ini. Selain itu tanaman ini juga dapat membantu memecahkan dan mengeringkan bisul yaitu dengan cara mengompresnya selama beberapa menit dengan daun miana merah ini.

Cincau Hijau

Siapa si yang tidak tahu cincau? Yup, cincau banyak sekali ditemukan di pasar-pasar atau buat isian dari es campur. Namun tidak semua orang tahu dari apa cincau itu dibuat. Nah, Cincau ini dibuat dari daun cincau. Selain dijadikan cincau, daun cincau hijau ini memiliki khasiat yang beragam seperti mengobati diare, mengatasi hipertensi, radang lambung, diabetes dan juga menurunkan demam. Wajar jika daun cincau hijau ini memiliki khasiat yang luar biasa karena daun cincau hijau ini mengandung zat sejenis karbohidrat yang mampu menyerap air hingga daunnya bisa menjadi padat. Kandungan yang terdapat pada ekstrak daun cincau hijau ini juga banyak yaitu adanya zat anti protozoa, tetrandine, senyawa alkaloid, zat lemak, antioksidan, antibiotik dan zat anti inflamasi.

Brotowali


Nama tanaman satu ini tidak asing lagi di telinga kita. Yup, brotowali tanaman yang dikenal memiliki rasa yang sangat pahit ini biasa digunakan sebagai bahan untuk membuat jamu brotowali. Khasiatnya sudah tidak diragukan lagi karena tanaman ini kaya akan nutrisi seperti karbohidrat, vitamin C, protein, lemak dan juga mengandung berbagaimacam mineral seperti fosfor, mangan, kalium, zat besi, zinc, juga kalsium. Khasiat Brotowali bagi kesehatan tubuh yaitu dapat menurunkan kadar gula darah, meningkatkan daya tahan tubuh, meredakan peradangan, mencegah alergi dan membasmi jamur, memelihara kesehatan tulang dan fungsi hati juga bisa untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.

Sambiloto



Sambiloto adalah tanaman obat yang masuk dalam famili Acanthaceae. Meski rasanya sangat pahit namun, tanaman ini memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan. Bahkan pada tahun 1919 sambiloto sudah sering digunakan sebagai obat untuk mengatasi flu dan demam. Kandungan utama yang dimiliki tanaman ini yang sarat khasiat adalah andrographolide. Selain itu tanaman ini juga mengandung flavonoid, alkaloid, saponin dan tanin. Sambiloto juga memiliki banyak zat yang terkandung seperti paniculin, kalmegin, lakton dan hablur kuning. Semua zat yang terkandung dalam sambiloto memiliki rasa yang sangat pahit namun manfaat yang dihasilkan sangat besar yaitu membantu meredakan flu dan demam, mencegah tumbuhnya sel kanker, meredakan nyeri, melancarkan pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh, meredakan gejala multiple sclerosis dan masih banyak manfaat lainnya.

Selain tanaman-tanaman herbal yang sudah dibahas tadi, sebenarnya masih banyak tanaman-tanaman herbal lainnya yang ada di negara kita. Terkadang tanaman itu sudah ada di pekarangan rumah kita hanya saja kita yang tidak tahu jenis dan manfaatnya. Untuk itu kamu bisa browsing ataupun bertanya kepada yang paham akan tanaman obat. Jika kamu berdomisil di Banjarnegara dan sekitarnya kamu bisa kok datang ke Taman Pulas Garden di Sipedang Banjarnegara karena disana kamu akan melihat 234 jenis tanaman obat yang ditanam beserta khasiatnya yang ditulis di masing-masing jenis tanaman.





Share:

Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes