8 Tips Yang Bisa Bunda Lakukan Saat Si Kecil Demam

 

by. pexel Andrea Piacquadio

 

Apa yang bunda rasakan saat si kecil demam? Bagi kita para orang tua yang memiliki kerjaan seabreg, dari mulai bangun tidur sampai mau tidur lagi, saat dihadapkan pada permasalahan si kecil demam, sangatlah luar biasa pengaruhnya, ya Bun? Jika pagi-pagi  sudah sibuk dengan aktivitas menyiapkan sarapan pagi, begitu si kecil demam dapur pun sunyi dari bunyi adukan spatula di kuali, atau bunyi ulekan dicobek, karena bunda tentunya masih menemani si kecil yang tidak mau beranjak dari tempat tidur. Alhasil ayahlah yang turun ke dapur hanya untuk menyiapkan sarapan pagi seadanya, dengan menggoreng telur ceplok ataupun dengan mengoleskan selai pada roti.

Bagi bunda yang bekerja di kantor ataupun diluar rumah, aktivitasnya pun akan terkendala. Pagi-pagi pastinya bunda sudah telpon pimpinan kalau hari ini tidak bisa masuk kerja karena si kecil demam. Belum lagi bagi bunda yang udah punya deadline untuk bertemu kolega ataupun deadline untuk menyelesaikan kerjaan pada hari ini, akhirnya harus menunda lagi dan itu artinya kerjaan kembali menumpuk.


 Saat malampun tentunya bunda tidak akan bisa istirahat dan tidur karena harus nemenin si kecil yang rewel karena kondisi badannya yang tidak enak. Begitu repotnya saat si kecil kita demam, ya, bunda, tapi jangan panik dulu ada yang bisa bunda lakukan dirumah saat si kecil demam.


1.    Usahakan jangan panik, karena rasa panik bunda justru akan berpengaruh pada si kecil. Bisa jadi si  kecil  akan bertambah rewel yang menyebabkan panasnya tidak turun tapi malah bertambah.
2.    Periksa suhu tubuh si kecil dengan termometer sederhana yang ada dirumah, karena bunda akan tahu langkah apa yang akan bunda ambil untuk menanganinya.
3.    Berikan pengobatan yang sesuai agar demamnya turun, bunda juga bisa memberikan kompres pada si kecil sampai suhu badannya menurun.
4.    Jika bunda belum bisa membawa si kecil ke Dokter, usahakan suhu tubuh si kecil tidak naik, caranya bunda bisa mengkondisikan suhu ruangan stabil, ruangan segar, dan tidak pengap. bunda juga bisa menggunakan handuk kecil yang dibasahi air dengan mengusapkannya pada kening, leher dan tubuh si kecil. Tapi ingat, ya, bunda! jangan menggunakan air es, karena justru akan memperparah demam si kecil.
5.    Berikan air putih dingin pada si kecil bukan air es, ya, Bun?
6.    Periksa suhu tubuh si kecil secara teratur.
7.    Berikan obat penurun panas yang biasa digunakan
8.    Jika demam si kecil belum juga turun , bawalah si kecil ke Dokter, karena demam bisa menyebabkan si kecil dehidrasi. Untuk itu, usahakan berikan air minum yang banyak, ya, Bun?

Share:

Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes