Festival Kota Lama ( Feskola ) 2019 “Banjarnegara Dulu, Sekarang dan Nanti”






Festival Kota Lama kembali digelar oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara. Ini adalah penyelenggaraan kali ke-2 setelah sukses penyelenggaraan yang pertama di tahun 2018 lalu.

Klampok Dipilih Sebagai Tempat Penyelenggaraan

Tempat penyelenggaraan Festival Kota Lama berada di desa Klampok Kabupaten Banjarnegara. Alasan kenapa memilih Klampok sebagai tempat penyelenggaraan festival karena dinamika tempo dulu yang dimiliki Klampok masih terasa sangat kental. Hal ini dikarenakan masih banyak dijumpai sisa peninggalan sejarah kolonialisme di kawedanan Purwareja Klampok dalam bentuk bangunan-bangunan tua bersejarah yang merupakan bukti adanya perjuangan rakyat pada saat penjajahan Belanda.
Sebenarnya sudah cukup lama bangunan-bangunan yang menjadi situs bersejarah itu tidak mendapat sentuhan dan perhatian yang lebih baik dari pemerintah maupun masyarakat. Dari sinilah timbul pemikiran bagaimana agar bisa tetap merawat, melestarikan sekaligus mengenalkan situs sejarah yang ada di Banjarnegara ini kepada khalayak khususnya masyarakat Banjarnegara itu sendiri. Tahun 2018 diadakanlah Feskola (Festival Kota Lama) sebagai pengejawantahan apa yang menjadi ueng-uneg tentang keberadaan situs bersejarah di Banjarnegara ini.

Berbagai Acara Yang Di Gelar Dalam Feskola

Festival Kota Lama yang akan dihelat pada tanggal 14-15 September 2019 mengusung tema “Banjarnegara Dulu, Kini dan Nanti”. Berbagai atraksi yang mencerminkan Klampok Tempo Doeloe juga akan disuguhkan dalam festival tersebut seperti :

1.      Kuliner Pasar Ngkuna



Sama dengan kuliner-kuliner tradisional lainnya, kuliner pasar ngkuna juga menyuguhkan menu-menu tradisional mulai dari jajanan pasar, makanan berat jaman dulu juga minuman/wedang tradisional. Yang khas dari kuliner pasar ngkuna ini adalah adannya parade tukang mbarang atau tukang ngamen jadul yang akan menghibur pengunjung saat menikmati sajian kuliner yang menggoyang lidah.

2.      Parade Dolanan Bocah



Masa kecil jaman dulu sangat berbeda dengan masa kecil sekarang. Dunia bocah yang dulu dihabiskan dengan berbagai ragam dolanan/mainan tradisional kini jarang sekali ditemui di era serba gadget ini. Yup, di feskola kita diajak kembali ke masa kecil kita dengan melihat aneka ragam parade dolanan bocah seperti petak umpet, egrang, congkak, engklek, dir-diran, cublak-cublak suweng, dakon, jamuran, uler-uleran dan masih banyak lagi yang akan membawa memori kita ke masa kecil.

3.      Pentas Musik Gumbeng Dan Dendang Keroncong Camelia




Namanya memang masih sangat asing ditelinga namun pengunjung dijamin akan puas menikmati sajian musik gumbeng yang mana alat musik yang digunakan terbuat dari bambu. Pengunjung penikmat musik keroncong juga akan hanyut dengan alunan lagu-lagu keroncong yang nanti akan disuguhkan.

4.      Lomba Busana Lawas


Busana lawas sebenarnya juga menjadi trend lagi sekarang ini hanya saja busana tersebut sudah dimodifikasi sedemikian rupa hingga menjadi busana lawas tapi modern. Nah, Lomba Busana Lawas di Feskola adalah ajang fashion show yang menampilkan peragaan busana-busana yang digunakan pada jaman dulu yang masih sama style dan cirinya.

5.      Atraksi Ngeramik


Klampok memang dikenal sebagai daerah penghasil keramik yang telah mendunia. Keramik-keramik yang dihasilkan seperti guci, poci, vas, piringan, patung, dan masih banyak lagi ragamnya. Sebagai wujud apresiasi akan kerajinan keramik yang dimiliki Kabupaten Banjarnegara khususnya daerah klampok maka dalam acara Feskola terdapat atraksi ngeramik yaitu mempertunjukkan keahlian atau kebolehan dalam menghasilkan keramik yang indah.

6.      Ngonthel Sepeda Tua


Komunitas pecinta sepeda tua pastinya akan menyambut gembira untuk meramaikan acara ini. Parade sepeda tua ini menjadi sangat menarik karena dengan sepeda tuanya mereka akan mengelilingi kota lama dengan memakai kostum dan pernak-pernik yang mencerminkan tempo dulu. 

7.      Tumplek Themlek


Tumplek berarti wutah/jatuh, sengaja dijatuhkan sedangkan Themlek adalah makanan khas Klampok yang terbuat dari tahu yang digoreng. Jadi Tumplek Themlek adalah acara grebeg atau rebutan gunungan makanan khas Klampok yang terbuat dari tahu yang di goreng. Pengunjung Feskola bebas berebut makanan dari gunungan tersebut.

Selain atraksi diatas yang menjadi atraksi unggulan, pengunjung Feskola juga bisa menikmati atraksi-atraksi lain yang tidak kalah menarik seperti Teater Kota Lama, Sendratari Pocong Sari, Senandung Kota Lama, Pentas Musik Koes Plus, dan Atraksi Batik Gumelem.

Sesuai dengan temanya “Banjarnegara Dulu, Sekarang dan Nanti” maka dengan diselenggarakannya Feskola ini diharapkan masyarakat Banjarnegara mengenal peristiwa sejarah apa yang terjadi di daerahnya dan bagaimana kehidupan masyarakat pada jaman dulu sehingga bisa menjadi cerminan di masa sekarang dan nantinya diharapkan akan tetap terjaga, terlestarikan, dan tertanamkan rasa memiliki, rasa menghargai dan rasa mencintai terhadap warisan sejarah dan budaya yang ada.

Share:

2 komentar :

  1. kedepanya mungkin bisa jadi destinasi wisata edukasi tuk generasi muda penerus sejarah bangsa......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, bener banget asal dikelola dengan sungguh-sungguh dan adanya partisipasi dari semua pihak

      Hapus

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes